4 Hal Ini Harus Dihindari Oleh Pemuda

Menerpa apa yang ada "Bujangan"



       

          Kali ini saya ingin berbagi sebuah pemikiran, cara pandang kehidupan dengan tampilan yang agak berbeda. Yap, sesuai dengan point "Menerpa apa yang ada...'Bujangan'..." apa maksudnya? Masa muda adalah masa yang begitu waw, masa-masa mencari jati diri, mengasah hoby, bahkan sampai kepada masa mencari kekasih, eleh. Point pertama yang akan saya bahas yaitu dimana seorang pemuda yang ia ingin mencapai sebuah kepuasan batin. hemm, Mengenai hal ini banyak macam dan rupanya tuh! mulai dari jalan-jalan, otomotif, sepak bola, bahkan sampai kepada rokok semata itu pun bisa menjadi acuan untuk mencapai yang namanya kepuasan batin. Oh iya, bagi pembaca wanita jangan khawatir, nanti Insya Allah bahasannya kita akan ulas juga masa muda wanita di postingan selanjutnya. Dan untuk pembaca wanita juga jangan pindah chanel dulu, mbok yo dibaca dulu siapa tahu ada manfaatnya bagi adik kakak sanak kelurgamu. Nah, kita jangan lupakan judul "Menerpa apa yang ada" , maksud simpelnya ialah tak sedikit kaula muda dari pria maupun wanita yang ia terpa semua apa yang ia hadapi.  Pemuda, ia hantam apa yang ada, pergaulan buruk, omongan jorok, hoby jelek, ia hantam tanpa takut. Kenapa ini bisa terjadi? Jangan tanya kenapa karena faktornya bisa mencapai belasan faktor. 
          Fokuslah terhadap apa yang ingin saya utarakan, "kebiasaan sehari-hari yang membentuk kepribadian"Jika anda seorang pemuda maka jangan kira saya sedang menghakimi anda, apa salahnya saya mencoba berbagi cara pandang hidup yang positif. Nah Ironinya, tidak sedikit pemuda yang tidak terpikirkan olehnya bahwa sesungguhnya hidup yang positif juga akan mengantarkanmu kepada kepuasan batin. Ntah, tidak terpikir atau tidak mau. Jangan dikira seorang pemuda yang tampil rapi itu mengubur kepuasan batinnya, pemuda yang wangi, pemuda yang ramah tama, pemuda yang berbakti kepada orang tua, pemuda yang sopan terhadap gurunya,  bahkan sampai kepada pemuda yang tidak merokok, jangan dikira pemuda tersebut telah menghinakan kepuasan batinnya. Justru pemuda yang demikianlah yang dapat mencapai kebahagian sejati, bukan kebahagian yang penuh dalam kubangan ilusi. Ya, kalian tau ilusi?? ilusi bukan hanya sesuatu hal yang dapat menipu mata, tapi juga sesuatu yang dapat menipu hati. Contoh kecil saja, pemuda yang bertubuh besar dapat dikalahkan oleh sesuatu waktu yang hanya berdurasi 3 menit. Apa itu ? 
           Penasaran? Sengaja pindah paragraf biar agak ngejengkelin gitu, hehe. Jadi, sesuatu yang dapat mengalahkan seorang bujangan yang gagah lagi berani hanya dalam waktu 3 menit ialah lagu nyanyian cinta asmara yang bikin gelisah gundah gulana. Yap, oh ini sebuah permasalah yang tidak bisa dianggap remeh. Betapa banyak hati pemuda yang lagi patah hati kemudian gara-gara ia mendengarkan lagu-lagu yang membuat mental seperti ubi rebus yang dipermentasikan,,,, ya, tape. Lembek bukan? Ini juga tentang pengaruh musik, musik itu bagi saya juga sebuah ilusi (sesuatu yang menipu). Terkhusus musik atau nyanyian pop melow atau bisa dibilang genre sedih romantikalah kira-kira atau apalah namanya pokonya itu. Jadi bijaklah dalam mengatur kondisi hatimu, jangan kau turuti kesedihanmu dengan suport lagu-lagu membleymu. Move on dong. Kalau sedih cari kerjaan lain kek, ke kebun, olahraga, berkarya, bantu orang tua, atau apalah jangan sampai pas sedih rokok lagi, dengerin nyanyi lagi, orgen tunggal lagi yaaa bagaimana wibawamu tidak jatuh sebagai seorang pemuda kalau hiburanmu kelasnya kayak gitu. Ayok, move on dong. Banyak kegiatan positif yang dapat anada lakukan dan yakinlah bahwa kegiatan-kegiatan positif akan membuatmu menjadi lebih baik.
             Baiklah, simpel aja dari saya ada 4 point yang harus kamu hindari sebagai seorang pemuda:

1. Musik Romantika

      Bijaklah dalam berpikir, karena lagu-lagu sedih tentang cinta dapat membuatmu kian bertambah sedih. Dan menjadikanmu sebagai pemuda yang lemah (membley), dan diperparah jika kau meneteskan air mata saat teringat kekasihmu karena mendengar lagu tersebut. Ketahuilah, ada al-Qur'an yang telah kau lupakan, betapa indah lantunan-lantunan dari berbagai qari' timur tengah yang menyejukkan hati sekaligus membersihkannya.

2. Rokok

          Oh teman apa yang kau harapkan dari benda yang satu ini. Kepuasan batin? 1000 bantahan dapat membantahmu jika kau beranggapan rokok itu baik. Come on, move on dong. Yakinlah kamu pasti bisa untuk berhenti merokok. Tips dari saya, berdo'a supaya bisa berhenti, dan alihkan pikiranmu kemakanan dan minuman yang lezat dan segar. Saya pribadi tidak merokok, tapi untuk kopi, seperti wajib dua kali dalam sehari.

3. Wanita

       Nah saran saya, kalau kamu punya pacar sudah jangan dulu kasih cinta, kasih pena kek suruh nulis, wkwkwk. Kamu mau sakit hati? Nangis dini hari? bahkan bunuh diri? pepatah lama mengatakan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Biarlah nikmati dulu masa sendiri, membentuk kedewasaan, membentuk kepribadian, dan mencari pengalaman hidup sebanyak-banyaknya. Nanti kalau kamu sudah siap menikah baru kamu curahkan cintamu setulus-tulusnya sama istrimu.

4. Orgen Tunggal

Ah orgen tunggal, no koment. males.

Note:
4 poin itu mungkin sudah cukup, jadi apalagi yang namanya miras, narkoba, perkosa, atau apalah itu yaa maka jangan coba-coba. Ingat bung, masih banyak kegiatan positif lain yang bisa membuat orang tuamu lega tersenyum bahagia. Tak perlu rangking juara, akhlak yang baik, kehidupanmu yang positif itu sudah lebih dari cukup membuat orang tua mu bahagia.

Penulis : Handri Wardani (Handriadi Iswardani)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sedih? Kau Hanya Butuh Hiburan

Manfaat Ganti Oli

Tidak Semua Yang Kita Inginkan Harus Terwujud